KOMPONEN KOMPUTER (HARDWARE)

Diposkan oleh ghofar Tuesday, April 28, 2009

Hardware computer adalah bagian fisik dari sebuah computer atau system peralatan yang digunakan untuk menjalankan fungsi computer. Perkembangan teknologi elektronik yang paling pesat dan banyak dipakai dibanyak bidang dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memperoleh informasi tidak lain adalah computer. Pengertian komponen komputer


Komputer terdiri beberapa bagian yaitu :

1. Motheboard

Mother Board merupakan board/papan induk atau main board dimana semua device dipasang mulai dari processor, memory, slot-slot untuk ekspansi, dll. Mainboard tak kalah penting dengan prosesor. Jika dimisalkan pada manusia, mainboard adalah rangkaian pembuluh darah dan jaringan urat syaraf pada computer. Mainboard yang kurang baik, akan mengakibatkan tidak maksimalnya kinerja peripheral lain. Oleh karena itu, pemilihan mainboard yang tepat akan sangat mempengaruhi kinerja computer.
Cara Kerja Motheboard Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam computer.

2. Prosesor
Merupakan bagian utama dari computer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktivitas yang ada pada computer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz ( Mega Hertz ) atau GHz ( 1000 MegaHertz ), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada computer. Processor dapat kita analogikan sebagai otak dari computer. Hardware ini berfungsi untuk melakukan segala macam proses dalam system computer. Sehingga processor sangat menentukan kecepatan dan performa system computer.
Cara kerja Prosesor Dalam kenyataan di dalam system computer kita tidak dapat melihat secara kasat mata bagaimana cara kerja prosesor. Namun pada saat computer bekerja, prosesor sebenarnya melakukan pemrosesan aritmatika dan pengendalian operasi computer secara keseluruhan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh user.

3. Memory (RAM)

Memory menurut arti katanya berarti tempat penyimpanan. Digunakan untuk menyimpan informasi/data baik sementara ataupun permanen. Ukuran memory didasarkan pada kapasitas penyimpanannya yang bersatuan Byte. Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip computer. Tipe-tipe Ram yaitu EDORAM, RDRAM, SDRAM, dan DDR-SDRAM.

4. Hardisk

Hardisk adalah storage devices yang paling sering di pakai. Bagian-bagian hardisk terdiri dari Logic board, motor, Platter, read-write head, interface slot, dan body. Logic board merupakan bagian hardisk yang mengatur kerja hardisk menurut instruksi dari user. Logic board ini nantinya mengatur putaran motor dan gerak dari read-write head menurut lokasi penempatan data. Read-write head inilah yang membaca dan menulis data pada hardisk, menyampaikan informasi kepada logic board, kemudian logic board menyampaikan kepada CPU melalui interface baik itu SATA maupun PATA. Harddisk banyak menangani program dan menyimpan data di komputer. Untuk alasan ini harddisk memiliki kapasitas simpan yang besar. Kapasitas simpan harddisk bertambah dengan pesat dari 40 MB hingga 80 Gb. Biasanya kapasitas simpan harddisk diukur dalam satuan gigabyte.

5. Optical Drive

Pada proses instalasi, kita membutuhkan sebuah media untuk memulai booting komputer yang belum memiliki sistem operasi. Untuk beberapa master software, kita membutuhkan data yang read only / tidak dapat dirubah / termodifikasi oleh sistem lain. Pada zamannya, untuk pertukaran data menggunakan kepingan CD/DVD lebih praktis daripada harus membawa hardisk. Kita membutuhkan backup data yang aman. Pada penyimpanan di hardisk, kita masih terancam kehilangan data karena rusaknya hardisk akibat bad sector atau faktor lain, ancaman virus yang seringkali merusak data pada hardisk, atau modifikasi data oleh orang lain yang menemukan file kita secara sengaja atau tidak sengaja.
Macam-Macam Optical drive

1. CD ROM

CD-ROM adalah perangkat optik yang hanya dapat digunakan untuk membaca CD saja. Perangkatnya berisi optik, motor, tray, dan case. Pemilihan CD-ROM ini berdasarkan kecepatan bacanya. Pada zaman dahulu CD-ROM hanya memiliki keccepatan baca 1x, 2x, 4x, 12x, namun kini CD-ROM telah mampu melakukan pembacaan hingga 56x.
Kebanyakan software yang ada pada saat ini berada dalam CD-ROM. Hal ini karena CD dapat menangani data lebih banyak, sampai 700 Mb tanpa kompresi data. Saat ini CD merupakan pilihan yang efisien dan ekonomis.

2. CD RW

CD-RW adalah perangkat yang mampu melakukan pembacaan dan penulisan terhadap CD. Artinya kita dapat menyimpan data kedalam sebuah CD blank. CD-RW biasanya memiliki 3 variable yaitu write/rewrite/read. Misal CD-RW 52x/32x/52x berarti perangkat tersebut memiliki kemampuan tulis 52x, kemampuan menulis ulang/menindih 32x, dan kemampuan baca 52x.

3. DVD ROM

DVD-ROM adalah perangkat optik yang mampu membaca CD dan DVD. Bedanya dengan CD adalah DVD berisi data lebih banyak, yaitu + 4,5 GB. Kecepatan baca DVD hingga kini masih 16x, namun DVD-ROM mampu membaca CD hingga 52x.

4. DVD COMBO

DVD-Combo adalah perangkat yang memiliki gabungan fungsi 2 macam perangkat yaitu DVD-ROM dan CD-RW. Kemampuannya yaitu dapat membaca CD dan DVD, serta mampu menulis pada keping CD.

5. DVD RW

DVD-RW merupakan perangkat tercanggih di kelas optical drive masa kini. Perangkat ini dapat melakukan pembacaan DVD dan CD serta mampu melakukan penulisan pada CD dan DVD. Kecepatan penulisan DVD hingga kini masih 16X saja
a.

1 Comment

  1. Denawi Usman Says,

    top markotop

     

Post a Comment